TaHuRa Juanda a.k.a Dago Pakar a.k.a Goa Jepang dan Goa Belanda

Hanya berjarak 30menitan dari tempat tinggal, akhirnya Tahura (Taman Hutan Raya) Juanda jadi pilihan buat ngisi weekend sama istri dan putri (yang masih 2 tahun). Baca-baca ada apa aja disana, sudah dilakukan jauh-jauh hari, tinggal action aja untuk ngejadiin jalnnya.

Berangkat pukul 9an, saya bonceng istri dan putri pake motor revo dari jalan cikutra masuk ke cigadung dan lalu tembus ke dago dan ke Tahura sesuai plang yang bisa dilihat disana. kalo naik angkot juga ternyata gampang dan cuma sekali dari tempat kami ini, jurusan caringin dago, lewat cigadung nanti turun di velokan ke Tahura sebelum terminal dago. tapi jalannya cukup lumayan, tapi jadi seru kalo ramean dan diniatin :)

masuk di gerbang utama, *cring saya ngerogoh kocek 27ribu rupiah. tediri dari tiket masuk @10rb, asuransi @1000 dan parkir motor 5rb. padahal, motor bisa dibawa masuk ke kompelk Tahura lewat gerbang II, dari gerbang I nanti lurus aja. 

dari gerbang I ini, kit disambut dengan pepohonan pinus menjulang tinggi, banyak lagi apda poto2 disitu, baik poto alay atau memang profesional buat prewedding atau semacamnya. disitu ada papan peta titik2 wisata yang bisa dikunjungi. jalan beberapa saat, plang arah menuju goa jepang dan goa belanda terlihat jelas. ikuti aja. sayapun berjalan mengikuti petunjuk melewati jalanan kecil, turun ke bawah buat ke goa jepang. 

Saya pikir, goa ini semacam bangunan dari benteng tembok hanya dibangun berupa lorong2, tapi ternyata, WOWW!! ini bener2 goa, yang dibuat manual dengan mengeruk/ mencongkel/ memahat batu gunung. Edun! jahat sekali sih jepang! (jaman dulu). kenapa jahat?! mbayangin ngeruk bebatuan gunung menjadi lorong2 yang panjang dengan alat manual oleh penduduk pribumi dengan sistem rodi/ romusha. apa nggak keterlaluan?! ngeri saya mbayanginnya. 

Oya, di goa jepang ini gelap, jadi banyak pemuda dari masyarakat sekitar lumayan nyewain lampu senter, @5000. padahal kalo bawa HP aja udah cukup buat menerangi. bayangin, nyorot gak sampe 15 menit mesti bayar 5rb?! tapi itu sih terserah, kalo niatnya ngebantu sah-sah saja, tapi kalo jalan sebagai backpacker ya harus hemat2 untuk hal yang nggak perlu. 

dari Goa Jepang kami jalan ke Goa Belanda yang intinya mah sama aja, bikin sbeel ngebayangin masalalunya kaya gimana. Malah Goa belanda ini lebih luas, lebih panjang dan lebih kompleks, katanya buat tempat tinggal, buat penjara, buat gudang dan lainnya. makanya cukup angker juga (katanya), Oya, dari Goa jepang ke Goa Belanda Istri dan Putriku pengen naik kuda, jadi aja *cring 25ribu,. padahal kalo dipikir, deket banget! nggak jauh2 amat. 

dari Goa Belanda ini, tujuan terkenal dan emang recomended adalah menuju Curug Omas / Maribaya. Serunya sih, Hiking dari sini, jaraknya 5km. jalannya setengah atau semeter gitu udah di paving, tadinya sih pengen gitu. tapi istri gak berani, naik motor aja katanya. pilihannya, disana ada motor ojek, nawarin 15ribu sekali jalan. Lah, gue kan bawa motor?! akhirnya setelah ngobrol ternyata motor emang boleh dibawa masuk. balik lagi deh saya ambil motor. 

Perjalanan langsung aja naik motor dari parkir masuk ke gerbang II lalu lanjut ke tujuan, Curug Omas/Maribaya. WEEw.. ternyata emang, gak ngebayangin kalo jalan kaki, sambil gendong Arin, bakal nyampe berapa jam?! setelah 15 atau bahkan mungkin 30 menit karena jalan hati2, nyampe juga di parkir depan curug Omas, masih jalan lagi sedikit, 5-10 menitan. curugnya biasa, so karena cuma bisa liat dari jembatan, dari atas, yang seru jalan menuju situnya aja sebenernya. dan sekitarnya itu luas enak buat gelar tiker makan minum bareng temen dan keluarga. ada warung2 juga. rame juga disitu waktu itu. 
setelah setengah jam-an menikmati dengan makan siang, foto-foto dan mainan sama monyet (banyak monyet pada mau ngambil makanan), akhirnya kami memutuskan kembali. Alhamdulillah jalan-jalan hari itu dirasa cukup puas. menikmati keindahan alam, kesegaran dan sedikit hiking yang membuat berkeringat. next mungkin pengen nyoba juga hiking beneran dari gerbang sampe maribaya sampe tembus lembang-nya. seru pastinya.... :)








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seize The Day/ Carpe Diem

"Bahasa Inggris: Pasif!"