Jangan Terlalu Jujur

Waktu saya masih semester 2, saya pernah naksir seorang gadis, Dian namanya. Dia anak pindahan dari Jakarta. Setelah masang susuk di 12 tempat strategis dalam tubuh akhirnya saya bisa juga kenal deket sama dia. Temen, waktu itu statusnya masih sebatas temen. (dan selamanyapun hanya bisa sebatas itu.)
“Mbak, kenapa sih mau pindah ke Malang? Padahal di Jakarta kan lebih enak?” tanya saya. Waktu itu lagi kuliah Statistika. Dia sebenernya satu tingkat di atas saya, makanya saya panggil mbak.
“So’alnya disini ada kamu…” Itulah jawaban yang saya harepin, tapi ternyata bukan.
“Gak papa, mau cari suasana yang adem aja. Jakarta panas, macet, dan saya juga udah bosen di Jakarta terus.”
“Oooooh…”
“Mbak suka pelajaran statsitika?” tanya saya nyambung obrolan lagi, dan tanpa nunggu jawaban dari dia, saya mulai ceramah.
“kalau aku sih gak suka! Semua pelajaran matematika aku gak suka. Apalagi statistika.” Terus, kenapa masuk Jurusan Matematika? saya nebak mbak Dian mikir gitu.
“sebenernya aku gak ada niat masuk matematika. aku mau masuk Akademi Militer. Tapi waktu ikut SPMB, di kampus ini gak ada pilihan itu, ya udah aku masuk Matematika.” saya bener-bener jadi ceramah. Tau gak diperhatiin, saya makin membabi buta ceramah.
“Aku pikir Matematika sulit. Eh… ternyata terlalu gampang. Yah saya tambah males. Apalagi yang namanya Statistika ini. saya yakin, 70% mahasiswa yang pernah belajar statistika pasti pada gak suka.”
“Mbak juga gak suka kan?” tanya saya meyakinkan.
“Aku suka kok!” jawabnya pendek..
“Oh….” saya malu.
Semakin hari saya ngerasa si Dian semakin cantik. Walaupun memang sepertinya saya tidak begitu menginginkannya, tapi sebagai orang yang suka jujur, sayapun merasa harus menyampaikannya. Dan pada suatu hari, setelah 7 hari tepatnya kenal deket sama dia, sayapun akhirnya mengatakannya dengan kejujuran tingkat tinggi,
“mbak Di tau gak? Mbak Di tuh cantik banget!” kata saya pelan, mesra, disampingnya.

Dia diem, gak berekspresi, hanya tersenyum sebentar tidak memberi arti.
“Dian juga harus tau, aku sayaaangg…. Banget sama Dian. Sumpah!” Masih diem.
“Aku rela ngelakuin apa aja buat mbak Di kalo mbak Di mau jadi pacarku. Andai aku disuruh milih sekardus Momogi atau kamu, aku pasti milih kamu. Aku sayang banget sama mbak Di. Mbak Di percaya kan?” juga masih diem, lagi-lagi tersenyum dengan senyum tanpa arti. Tau gak dapet respon dari dia, saya juga diem.
Saya tengok kanan-kiri, disamping saya ada sesosok cewek lain, Silvi namanya. Dia lagi serius ngerjain tugas Statistika, dan sejujurnya saya juga pernah sedikit naksir sama dia, walaupun gak pernah mengharapkannya. Dan disinilah kesalahan itu terjadi. Ngelihat Silvi yang rajin banget pagi itu, secara refleks tanpa maksud apa-apa selain memuji sayapun bilang,
“Silvi, rajin banget sih?! Kamu tau gak, aku suka banget sama anak yang rajin. Kalo bisa sih aku pengen nyari pacar yang kayak kamu, kamu bersedia?” saya lihat lagi ternyata dandanannya juga beda banget dari biasanya, saya menambahi,
“Silvi, kamu cantik pake baju itu…” Silvi hanya tersenyum, dan tetep diem, sama kayak Dian. Pada suatu hari akhirnya saya ngerti, kalo kata Cinta, adalah kata sakral yang nggak cukup dikatakan dengan sepenuh hati, tapi juga harus disampaikan dalam situasi dan kondisi yang tepat.
Tiba-tiba tanpa saya sadari Dian yang disamping saya sudah berubah ekspresi. Lagi-lagi karena dicuekin juga sama Silvi, saya kembali berpaling sama Dian,
“mbak Di, gimana? Percaya kan sama aku?”
“Maaf!” tanpa berkata apa-apa, dia pindah tempat duduk dari samping saya…
Sampai disini, saya belum ngerti kalo saya telah berbuat dosa.
Dilain waktu saya pernah ngelihat temen cewek saya yang lain, Izza namanya. saya suka banget sama sikapnya. Selain manis, dia juga periang. Suatu pagi juga, dari arah yang berlawanan saya ngelihat Izza pake batik, warna coklat, dan sejujurnya dia terlihat begitu anggun memakai pakaian itu.
“Izza, boleh jujur gak?!” tanya saya setelah kita hadep-hadepan.
“Apa?!” jawabnya sambil senyum.
“Kamu anggun banget pake batik itu! Kamu pasti cocok kalo jalan bareng sama Aku!” Izza tersenyum bahagia,
“Makasih!” jawabnya. Dan tiba-tiba saja, dari belakang Izza terlihat Dian, dan ternyata dateng dengan pake batik juga, saya sebagai orang jujurpun gak bisa diem tanpa memujinya,
“Dian, kamu cantik banget deh pake batik itu! Kamu pasti cocok kalo jalan bareng sama Aku!”
“UUUMMM!!!!” Tiba-tiba Izza berteriak.
Itulah yang nggak saya ngerti dari kejujuran saya. Saya hanya berfikir, kalo saya memang harus berkata jujur dalam setiap kata tentang perasaan yang saya rasain. Gak peduli dimanapun dan kapanpun, bukankah pesan bijak bilang, telanlah obat walaupun itu pahit? Eh, salah ya?! Yang bener, ucapkanlah kejujuran walaupun sampai ke negeri Cina.
Halah!
Sudah lebih dari tiga bulan saya berkata jujur sama Dian, saya bilang saya suka sama dia, saya sayang sama dia, saya membutuhkan dia, saya mengharapkan dia, tapi Dian nggak pernah menjawabnya. Padahal saya bilang itu lewat SMS, dengan setengah teriak saat ngumpul bareng temen-temen, saat maju kedepan kelas, lewat titip salam sampe saya kehabisan cara buat nyampein perasaan saya lewat apa lagi. Sampai pada akhirnya, saya dapetin jawaban juga dari Dian,
“Uum, bukannya aku gak peduli sama kamu. Tapi aku gak percaya!”
“Loh, emang kenapa?”
“Karena kamu tukang bo’ong. Kamu gak jujur!”
“…”
AKU?! TUKANG BO’ONG?! GAK JUJUR?! saya bingung, bener-bener gak ngerti. Saya yang selalu berkata jujur dibilang tukang bo’ong. Saya sakit ati.
“Itu, karena kamu suka nggombal Um, makanya Mbak Dian gak percaya sama kamu.” Kata Imut setelah saya curhat sama dia.
“Aku aja gak akan percaya kalo kamu bilang sayang sama aku.”
“Loh, tapi aku emang jujur loh Mut kalo aku bilang sayang sama kamu, ya berarti aku emang sayang sama kamu. Terus kalo aku bilang sama mbak Dian, ya juga emang aku sayang sama dia.”
“Nah itu masalahnya, kamu terlalu mengobral sayang kamu Um. Kamu suka nggombal. Jadi sulit bagi cewek buat percaya.”
“Ohh…gitu yah?!” saya diem. Akhirnya saya ngerti. Pelajaran pentingnya adalah, sebaiknya kita jangan terlalu jujur sama setiap orang yang kita suka.
Beberapa hari setelah itu, saya ingin minta maaf sama Dian, dan saya ingin bilang kalo saya gak akan mengobral kata-kata sayang saya lagi sama semua orang, saya gak akan suka gombal lagi, saya hanya akan jujur sama dia aja.
“Sayang banget Um, kamu terlambat, kemaren aku baru nerima cowok yang nembak aku.”
“Ouh tidak…” saya lemes.
“Udah gada harapan yah?”
“Maap, Um. Sejujurnya aku juga sebenernya suka sama kamu. Tapi aku gak mungkin menghianati cowokku itu. Dia orangnya baik banget!”
“….”
“Yaudah gak papa kalo gitu, aku bisa nerima kok. Yang penting buatku adalah kamu harus percaya kalo aku bener-bener sayang sama kamu, Kalo kamu bisa percaya, Aku janji akan setia nunggu kamu putus sama cowokmu, bahkan aku rela jika harus menunggu sampe kamu janda sekalipun. Karena aku bener-bener sayang sama kamu. Aku rela ngelakuin apa aja buat dapetin kamu”
“Halahh…! Dasar tukang Gombal!” 2 buah bakiak hampir melayang ke kepalaku.
Kejujuran seperti itu atau lebih tepatnya gombal, ternyata bukan hanya dimiliki oleh saya, tapi merupakan sifat alamiah yang dimiliki seorang laki-laki. Tidak ada satupun lelaki di dunia ini yang tidak suka menggombal. Hanya saja, ada yang gombal benar pada tempatnya, tapi ada juga yang gombal di sembarang tempat. Kadang antara gombal dan memuji dengan jujur sangat sulit dibedain. Cuma si pelaku yang tau dia jujur ataus sedang gombal. Tapi yang pasti, sampai hari ini yang selalu saya perbuat adalah, memuji dengan penuh kejujuran. Yah, walaupun berlebihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seize The Day/ Carpe Diem

"Bahasa Inggris: Pasif!"

“Misteri HP mati di Panderman”