Pengalaman Pertama

Pengalaman Pertama

Jum’at sore 14 Sept mas Burhan dateng ke tempat saya, dia ngasih tau kalo saya masuk Tim “Suka Relawan Pondok Ramadhan” dari kampus. Yang bakalan ngisi Pondok Ramadhan di sekolah2, terutama SMA, se-Kota dan Kabupaten Malang. Dan saya dapet Tugas di SMA 08 Kota Malang. Aku kaget juga, “kenapa saya bisa kepilih?”. Katanya, kampus ngambil dari para musyrif (Ust./Ustdzh) Ma’had (Asrama di UIN Malang) dan temen2 dari JQH (Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz). “Antum JQH kan?” katanya, “Ooo……!”.

Setelah hari sabtunya koordinasi dengan pihak sekolah SMA 08, mulai senin kita mulai “beraksi”. Dan, ini dia Pengalaman selam 4 hari disana……..

Senin 17 Sept O7.
Hari pertama ngisi Pondok Ramadhan di SMA 08, ngisi sama mbak Nasrifah (Maunya dipanggil Haliamah), kesannya…….
disini rame banget (kalo nggak dibilang bandel), tapi, namanya juga anak2. selain rame dan nakal, ternyata….. Anak2 putrinya… Manis-manis! Jadi ngrasa pengen Muda Lagi, He…..

Btw, kesan, atau pelajaran yang mendalam dari hari pertama ini, saya ngerasa, kalo ternyata, saya belum bener-bener bisa ngomong!

Selasa 18 Sept 07.

Mungkin anak2 di kelas ini (X-4) nggak secantik dan serame anak2 di kelas X-3 kemaren (koko ngeliatnya ceweknya terus she?!), tapi,, ada sisi lain yang memberi kesan lebih mendalam pada diri saya.
“kekritisan mereka memberi pelajaran pada diri saya, terutama seorang siswi yang bernama “Sarah!”

saya bener2 udah dibikin malu (pada diri saya sendiri) dengan pertanyaan2 mereka. Waktu itu saya njelasin al Quran yang berbicara tentang semut. Dan saya ceritakan “Kenapa Al Quran yang kitab suci itu, yang katanya mu’jizat itu, berbicara tentang banyak hal yang kecil?, nyamuk, lalat, semut, lebah dkk?, karena ternyata pada binatang itu terdapat keunikan, dan keajaiban yang tidak dimiliki oleh binatang lainnya” saya bilang.

Saya ceritakan, kalo kehidupan semut itu terdiri dari koloni-koloni, dan setiap koloni itu dipimpin oleh se ekor ratu, yang tugasnya hanya melahirkan, selain ratu itu semua semut itu adalah semut pekerja yang tugasnya melayani ratu, melindungi, dan memberinya makanan yang banyak. Tiba2, ketika selesai saya sampaikan pengantar tentang keajaiban2 semut2 itu sebatas yang saya tahu, ternyata ada ang nanya “Pak, kalo setiap koloni itu dipimpin oleh seekor ratu? Ada rajanya nggak?” saya jawab tidak! “terus kalo nggak ada rajanya, siapa dong yang menghamili Ratu itu? Apa semut2 pekerja itu?, atau cukup dikasih makan yang banyak dan dia langsung bisa bertelur?” saya bingung juga, karena saya tidak pernah membaca kehidupan semut seutuhnya “trus kalo si ratu itu mati, siapa yang akan menggantikannya, apa putri yang lahir dari ratu itu secara otomatis?, terus apa ada hubungan antara setiap kelompok itu?”, saya tambah bingung,

“wah kalo itu sudah masalah sosial dan politik semut? Saya kurang tau, mungkin saja untuk nggantiin ratunya semut ngadain pemilu?” dan dia tertawa, sengaja saya sampaikan hal itu supaya pembicaraan bisa teralihkan. Dan berhasil! Tapi sejujurnya, pertanyaan2 itu masih berbekas dan terngiang2 di kepala saya!

Dan hari itu, saya, seakan sudah dibisiki, “ Mar, kamu itu nggak secerdas yang kamu kira”, atau bahkan mungkin diteriaki “WHOIIII!!!, APA KAMU SUDAH NGRASA BANYAK BACA DAN BANYAK TAU?”. Satu hal yang saya sadari, mungkin bener saya sudah banyak baca, tetapi saya membaca tidak pernah bener2 memahaminya, dan akhirnya menguasainya, dan lebih parah lagi, bahkan saya (mungkin) tidak pernah tuntas ketika membaca!

Dan selanjutnya, 19-20 Sept 07. Hari yang ketiga dan keempat, ngisi di kelas XI IPA 2 dan 3, yang saya pikir akan lebih seru, tidak begitu memberi kesan yang mendalam, bahkan saya ngerasa pingin ketemu anak2 kelas kemarin lagi, X-3, 4, dan sarah….
Kecuali di kelas XI IPA 2 dihari ketiga, saya masih sedikit bergairah, lagi-lagi, karena anak2 putri disitu manis2, dan cantik2…. Hehe….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seize The Day/ Carpe Diem

"Bahasa Inggris: Pasif!"

TaHuRa Juanda a.k.a Dago Pakar a.k.a Goa Jepang dan Goa Belanda