"Kita" -surat untuk seorang sahabat-


Ngomongin masalalu kita, berarti ngomongin puisi-puisi Chairil Anwar, buku-buku  Harun Yahya, ngomongin sejarah pramuka, ngomongin matematika, ngomongin persahabatan, cinta sejati, penghianatan, pengakuan, ngomongin rindu, ngomongin wilayah Cirebon – Majalengka, Bogor, Jogja, Bandung, Malang, Surabaya, ngomongin buku-buku Boby De Potter, ngomongin Pesantren Babakan Ciwaringin, ngomongin air mata, ngomongin tawa, ngomongin kesepian, ngomongin kebahagiaan, harapan, impian. Ngomongin masalalu kita, hampir seperti ngomongin alam semesta

Tadi malam saya ngobrolin kerjaan di pabrik sama istri bagaimana saya sulit bergerak dengan system yang ada, hingga kemudian merambat pada bagaimana begitu merdekanya aku dimasa lalu.

Kamu masih ingat, entah kelas berapa saat itu kita ngadain cerdas cermat di PSBB, kita sekelas, karena kita memang selalu sekelas J, kelas kita diwakili oleh saya, khotim dan syifa. Kamu dan edi menjadi pembaca soal waktu itu. Kelas lain ada Iwan, dan kawan-kawan, Eko, dan kawan-kawan (jika tak salah). Saat jatuh pada jawaban rebutan (jika tak salah), soal ekonomi yang aku ingat pasti, kamu ingat?! Aku yang menjawab pertama waktu itu, dengan yakin kujawab, tapi, kamu bilang jawabannya salah. Karena berbeda dengan lembar jawaban di soal, nilai kami harus dikurangi 100 waktu itu, aku tak terima, aku menantang siapa yang bikin soal, aku menantang memanggil guru ekonomi, Iwan-pun tak tinggal diam, hingga akhirnya aku hendak walk out dari CC itu. Hahahaha…. Lucu, tapi itulah kita, yang merdeka, yang menurutku kehidupan yang pantas kita pertahankan. (?)


Tapi bagiku, kita masih muda, apalagi dengan junior-junior kita, kita selalu punya harapan, selalu punya impian.

Keberanian, cinta, harapan, impian akan kita wariskan pada mereka sebagaimana kita pernah memilikinya, dan masadepan yang lebih, lebih indah dan lebih nyata.

Membicarakan kita, berarti membicarakan masalalu, hari ini, dan masadepan yang tak akan ada habisnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seize The Day/ Carpe Diem

"Bahasa Inggris: Pasif!"

TaHuRa Juanda a.k.a Dago Pakar a.k.a Goa Jepang dan Goa Belanda